Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tehnik Meningkatkan Saturasi Oksigen Dalam Tubuh Penderita Covid-19

Di masa pandemi saat ini, banyak sekali kejadian dimana orang yang sudah dinyatakan terkena virus covid-19 ini mengalami perburukan gejala.

Diantara gejala yang paling sering terjadi adalah sesak dan menurunnya kadar oksigen (saturasi oksigen) dalam tubuh. Penurunan saturasi oksigen ini lebih sering dialami oleh pasien yang memang pada awalnya sudah memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan system pernafasan.

Namun banyak juga pasien yang tidak memiliki riwayat penyakit pernafasan juga mengalami sesak dan penurunan saturasi oksigen saat terkena virus covid-19 ini.

Berikut beberapa tehnik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam darah :

1. Teknik Proning  
    Proning merupakan posisi tidur tengkurap yang biasanya dilakukan pada pasien yang            mengalami gangguan pernapasan, posisi proning ini bertujuan untuk meningkatkan kadar     oksigen dalam darah.

    Posisi proning pertama :

Tengkurap dengan menggunakan 3 bantal sebagai alas. Bantal pertama diletakkan di bawah tulang leher, bantal kedua diletakkan dibawah pelvis (pinggul) dan bantal ketiga dibawah kaki. Posisikan kepala harus lebih rendah daripada bagian tubuh lainnya. Lakukan posisi ini selama 30 menit.

 




    Posisi proning kedua :

Berbaring dengan posisi miring ke kanan, bantal pertama diletakkan dibawah kepala, bantal kedua diletakkan sedikit diatas pinggang dan bantal ketiga letakkan diantara kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.

 

 

 

 


    Posisi proning ketiga :

Bersandar dengan posisi semi fowler dengan ketiga bantal dijadikan sandaran. Lakukan posisi ini selama 30 menit. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
2. Pastikan ruangan memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik, yang mampu                membuat anda menghirup udara segar sebanyak mungkin.
 
3.
Sujud merupakan posisi yang baik dan efektif dalam membantu pernafasan dan saturasi     oksigen. Anda yang merasa sesak dapat juga perbanyak untuk bersujud

Posting Komentar untuk "Tehnik Meningkatkan Saturasi Oksigen Dalam Tubuh Penderita Covid-19"